Rabu, 16 November 2016

KISI KISI KK-A SD AWAL

Bagi rekan rekan guru kelas bawah yang ingin membutuhkannya silahkan simak kisi kisi modul kelas Bawah.
berikut ini adalah contoh kisi kisi modul kelas bawah KK-A yang menginginkan lainnya bisa di unduh dalam bentuk rar bisa diunduh di sini
Untuk SD kelas tinggi lain kali ya.


PENGEMBANGAN BUTIR SOAL
Nama Penulis             :    
Lembaga Asal             :    
Kode Modul               :     026KD000A
Judul Modul               :     Guru Kelas SD (Kelas Bawah): Karakteristik dan Pengembangan Potensi Peserta Didik dan Penguasaan dan Keterampilan Berbahasa Indonesia

No
Kompe-tensi Utama
Standar Kompetensi Guru


Soal
JAWABAN
Kompetensi Inti Guru
Kompetensi Guru Mata Pelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
KK
()
Benar
Salah
Salah
Salah
a
b
c
d
e
f
g
h
i
j
k
1
Pedagogik
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
Menjelaskan implikasi prinsip-prinsip perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik terhadap pendidikan

1.      




2
Pedagogik
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
Membedakan berbagai aspek perkembangan  peserta didik berdasarkan ciri-cirinya

2.      




3
Pedagogik
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI
Menentukan kesulitan belajar

3.      




4
Pedagogik
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI
Menentukan faktor penyebab kesulitan belajar

4.      




5
Pedagogik
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran  untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya
Melaksanakan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan kreativitas untuk mencapai prestasi belajar optimal peserta didik

5.      




6
Pedagogik
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI


6.      




7
Pedagogik
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI


7.      




8
Pedagogik
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran  untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya


8.      




9
Pedagogik
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran  untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya


9.      




10
Pedagogik
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran  untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya


10.    




1
Profesional
Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). Alat pemersatu berbagai masyarakat
Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia.
Menyebutkan fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia

1.      




2
Profesional
Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Menjelaskan tahapan pemerolehan bahasa dengan benar

2.      




3
Profesional
Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia.
Mengidentifikasi ragam bahasa Indonesia

3.      




4
Profesional
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran bahasa  Indonesia
Mengidentifikasi kaidah bahasa Indonesia (fonologi=ejaan dan lafal sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)


Mengidentifikasi kaidah ejaan sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik danbenar;

4.      




5
Profesional
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran bahasa  Indonesia
Mengidentifikasi kaidah bahasa Indonesia (fonologi=ejaan dan lafal sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)
Menggunakan kaidah pemakaian tanda baca sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar;


5.      




6
Profesional
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran bahasa  Indonesia
Mengidentifikasi kaidah bahasa Indonesia (fonologi=ejaan dan lafal sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)
Mengidentifikasi kaidah penulisan singkatan dan akronim sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar;


6.      




7
Profesional
Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
Menerapkan kaidah bahasa Indonesia semantik (makna kata, hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon, denotasi, konotasi, majas sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)
Mengidentifikasi
kaidah pertalian
makna sebagai
rujukan penggunaan
bahasa Indonesia yang baik dan benar.

7.      




8
Profesional
Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
Menerapkan kaidah bahasa Indonesia semantik (makna kata, hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon, denotasi, konotasi, majas sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)
Mengidentifikasi
kaidah makna sebagai
rujukan penggunaan
bahasa Indonesia
yang baik dan benar.

8.      




9
Profesional
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Keterampilan Menulis Awal Bahasa Indonesia
Mengidentifikasi berbagai jenis gaya bahasa sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

9.      




10
Profesional
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Keterampilan Menulis Awal Bahasa Indonesia
Mengidentifikasi perubahan makna sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

10.    




11
Profesional
Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis)



11.    




12
Profesional
Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis)

12.    




13
Profesional
Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis)

13.    




14
Profesional
Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis)

14.    




15
Profesional
Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis)

15.    




16
Profesional
Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis reseptif. Membaca (Membaca  Menulis Permulaan), membaca teks, membaca nyaring.

16.    




17
Profesional
Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis)


17.    




18
Profesional
Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis)


18.    




19
Profesional
Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis)


19.    




20
Profesional
Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis)


20.    






Tidak ada komentar:

Posting Komentar