Bagi rekan rekan guru kelas bawah yang ingin membutuhkannya silahkan simak kisi kisi modul kelas Bawah.
berikut ini adalah contoh kisi kisi modul kelas bawah KK-A yang menginginkan lainnya bisa di unduh dalam bentuk rar bisa diunduh di sini
Untuk SD kelas tinggi lain kali ya.
berikut ini adalah contoh kisi kisi modul kelas bawah KK-A yang menginginkan lainnya bisa di unduh dalam bentuk rar bisa diunduh di sini
Untuk SD kelas tinggi lain kali ya.
PENGEMBANGAN BUTIR SOAL
Nama Penulis :
Lembaga Asal :
Kode Modul : 026KD000A
Judul Modul : Guru Kelas SD (Kelas Bawah): Karakteristik
dan Pengembangan Potensi Peserta Didik dan Penguasaan dan Keterampilan
Berbahasa Indonesia
No
|
Kompe-tensi Utama
|
Standar Kompetensi Guru
|
Soal
|
JAWABAN
|
||||||
Kompetensi Inti Guru
|
Kompetensi Guru Mata
Pelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi |
KK
()
|
Benar
|
Salah
|
Salah
|
Salah
|
|||
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
f
|
g
|
h
|
i
|
j
|
k
|
1
|
Pedagogik
|
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral,
sosial, kultural, emosional, dan intelektual
|
Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang
berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral,
spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
|
Menjelaskan implikasi prinsip-prinsip perkembangan perilaku dan
pribadi peserta didik terhadap pendidikan
|
1.
|
|||||
2
|
Pedagogik
|
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral,
sosial, kultural, emosional, dan intelektual
|
Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang
berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral,
spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
|
Membedakan berbagai aspek perkembangan peserta didik berdasarkan ciri-cirinya
|
2.
|
|||||
3
|
Pedagogik
|
Menguasai karakteristik peserta didik dari
aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
|
Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar
usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI
|
Menentukan kesulitan belajar
|
3.
|
|||||
4
|
Pedagogik
|
Menguasai karakteristik peserta didik dari
aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
|
Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar
usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI
|
Menentukan faktor penyebab kesulitan
belajar
|
4.
|
|||||
5
|
Pedagogik
|
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta
didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
|
Menyediakan berbagai kegiatan
pembelajaran untuk mengaktualisasikan
potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya
|
Melaksanakan pembelajaran yang
memfasilitasi pengembangan kreativitas untuk mencapai prestasi belajar
optimal peserta didik
|
5.
|
|||||
6
|
Pedagogik
|
Menguasai karakteristik peserta didik dari
aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
|
Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar
usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI
|
6.
|
||||||
7
|
Pedagogik
|
Menguasai karakteristik peserta didik dari
aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
|
Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar
usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI
|
7.
|
||||||
8
|
Pedagogik
|
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta
didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
|
Menyediakan berbagai kegiatan
pembelajaran untuk mengaktualisasikan
potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya
|
8.
|
||||||
9
|
Pedagogik
|
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta
didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
|
Menyediakan berbagai kegiatan
pembelajaran untuk mengaktualisasikan
potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya
|
9.
|
||||||
10
|
Pedagogik
|
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta
didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
|
Menyediakan berbagai kegiatan
pembelajaran untuk mengaktualisasikan
potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya
|
10.
|
||||||
1
|
Profesional
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). Alat pemersatu berbagai masyarakat
|
Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam
bahasa Indonesia.
|
Menyebutkan fungsi dan kedudukan bahasa
Indonesia
|
1.
|
|||||
2
|
Profesional
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
|
Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa
Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
Menjelaskan
tahapan pemerolehan bahasa dengan benar
|
2.
|
|||||
3
|
Profesional
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
|
Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam
bahasa Indonesia.
|
Mengidentifikasi ragam bahasa Indonesia
|
3.
|
|||||
4
|
Profesional
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
keilmuan yang mendukung mata pelajaran bahasa
Indonesia
|
Mengidentifikasi
kaidah bahasa Indonesia (fonologi=ejaan dan lafal sebagai rujukan penggunaan
bahasa Indonesia yang baik dan benar)
|
Mengidentifikasi
kaidah ejaan sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik danbenar;
|
4.
|
|||||
5
|
Profesional
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
keilmuan yang mendukung mata pelajaran bahasa
Indonesia
|
Mengidentifikasi
kaidah bahasa Indonesia (fonologi=ejaan dan lafal sebagai rujukan penggunaan
bahasa Indonesia yang baik dan benar)
|
Menggunakan kaidah
pemakaian tanda baca sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik
dan benar;
|
5.
|
|||||
6
|
Profesional
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
keilmuan yang mendukung mata pelajaran bahasa
Indonesia
|
Mengidentifikasi
kaidah bahasa Indonesia (fonologi=ejaan dan lafal sebagai rujukan penggunaan
bahasa Indonesia yang baik dan benar)
|
Mengidentifikasi
kaidah penulisan singkatan dan akronim sebagai rujukan penggunaan bahasa
Indonesia yang baik dan benar;
|
6.
|
|||||
7
|
Profesional
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
|
Menerapkan kaidah
bahasa Indonesia semantik (makna kata, hubungan makna=polisemi, sinonim,
antonim, hiponim, homograf, homofon, denotasi, konotasi, majas sebagai
rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)
|
Mengidentifikasi
kaidah pertalian
makna sebagai
rujukan penggunaan
bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
7.
|
|||||
8
|
Profesional
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
|
Menerapkan kaidah
bahasa Indonesia semantik (makna kata, hubungan makna=polisemi, sinonim,
antonim, hiponim, homograf, homofon, denotasi, konotasi, majas sebagai
rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)
|
Mengidentifikasi
kaidah makna
sebagai
rujukan penggunaan
bahasa Indonesia
yang baik dan benar.
|
8.
|
|||||
9
|
Profesional
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata
pelajaran yang diampu.
|
Keterampilan
Menulis Awal Bahasa Indonesia
|
Mengidentifikasi
berbagai jenis gaya bahasa sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang
baik dan benar.
|
9.
|
|||||
10
|
Profesional
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata
pelajaran yang diampu.
|
Keterampilan
Menulis Awal Bahasa Indonesia
|
Mengidentifikasi
perubahan makna sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan
benar.
|
10.
|
|||||
11
|
Profesional
|
Menguasai materi,
struktur, konsep, dan pola pikir
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
|
Memiliki
keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
|
Menerapkan
prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara,
membaca, menulis)
|
11.
|
|||||
12
|
Profesional
|
Menguasai materi,
struktur, konsep, dan pola pikir
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
|
Memiliki
keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
|
Menerapkan
prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara,
membaca, menulis)
|
12.
|
|||||
13
|
Profesional
|
Menguasai materi,
struktur, konsep, dan pola pikir
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
|
Memiliki
keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
|
Menerapkan
prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara,
membaca, menulis)
|
13.
|
|||||
14
|
Profesional
|
Menguasai materi,
struktur, konsep, dan pola pikir
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
|
Memiliki
keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
|
Menerapkan
prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara,
membaca, menulis)
|
14.
|
|||||
15
|
Profesional
|
Menguasai materi,
struktur, konsep, dan pola pikir
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
|
Memiliki
keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
|
Menerapkan
prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara,
membaca, menulis)
|
15.
|
|||||
16
|
Profesional
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
|
Memiliki keterampilan berbahasa
Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
|
Menerapkan prinsip dan prosedur
berbahasa secara tertulis reseptif. Membaca (Membaca Menulis Permulaan), membaca teks, membaca
nyaring.
|
16.
|
|||||
17
|
Profesional
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
|
Memiliki keterampilan berbahasa
Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
|
Menerapkan prinsip dan prosedur
berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis)
|
17.
|
|||||
18
|
Profesional
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
|
Memiliki keterampilan berbahasa
Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
|
Menerapkan prinsip dan prosedur
berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis)
|
18.
|
|||||
19
|
Profesional
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
|
Memiliki keterampilan berbahasa
Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
|
Menerapkan prinsip dan prosedur
berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis)
|
19.
|
|||||
20
|
Profesional
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
|
Memiliki keterampilan berbahasa
Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
|
Menerapkan prinsip dan prosedur
berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis)
|
20.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar